"Pulau Onrust, Tak Pernah Istirahat "

Rabu, 24 Maret 2010

Mungkin pada bingung kali, ya... Apa sih pulau Onrust?? Dimana sih?? Pulou Onrust tuh satu dari sekian banyak pulau yang berada di gugusan Kepulauan Seribu, Jakarta. Deket sama Pulau Bidadari sama Pulau Cipir. Padahal, pada tahun 1700-an, pulau Onrust lebih terkenal dibanding pulau Bali, lho.

Coba deh liat disini ada kaga?

Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan juga sebuah rumah yang masih utuh dan dijadikan Museum Pulau Onrust.


Nama 'Onrust' sendiri diambil dari bahasa Belanda yang berarti 'Tidak Pernah Beristirahat' atau dalam bahasa Inggrisnya adalah 'Unrest'.
Ada juga sebuah makam yang katanya merupakan makam dari pemimpin pemberontakan DI/TII yaitu Kartosoewirjo.

Diawal-awal kemerdekaan, Pulau Onrust dimanfaatkan sebagai Rumah Sakit Karantina bagi penderita penyakit menular dibawah pengawasan Departemen Kesehatan RI hingga awal 1960. Kemudian sejak 1960 sampai dengan 1965 dimanfaatkan untuk penampungan gelandangan dan pengemis serta latihan militer. Pada tahun 1968 terjadi penjarahan besar-besaran di Pulau Onrust, sehingga bangunan-bangunan bersejarah tinggal puing-puingnya saja. Selain bangunan museum yang utuh, beberapa bangunan lain yang tinggal pondasinya adalah barak haji, barak karantina penyakit dan barak-barak prajurit. Ada juga kuburan prajurit Belanda yang gugur disini, serta kuburan tahanan pribumi.

Disana juga ada makamnya  Maria van de Velde. Saya juga masing bingung, siapa sebenarnya dia. Apa dia salah atu bangsawan Belanda? Saya juga nggak tahu.

 Nisan Maria

Kalian lihat, 'kan, tulisan di nisan itu? Kalau diartikan seperti ini:

Maria van de Velde
mayatnya dikubur
walaupun ia pantas
hidup bertahun-tahun lamanya
seandainya Tuhan
berkenan demikian
namun rupanya, Jehova
menghalangi itu dengan kematian
Maria hilang, Maria tiada lagi
bukan! saya tarik kembali kata itu
karena diucapkan tanpa pikir panjang
maka semoga kelancanganku
lansung didenda
kini Maria baru sungguh-sungguh hidup
sejak hidup dekat Tuhannya
lahir di Amsterdam
tanggal 29 Desember 1693
meninggal tanggal 19 November
1721 di Onrust

Yah, bukan Saya, lho, yang mengartikan. Ini copy paste dari suatu situs *search di GOOGLE*. Agak bingung juga memahami isinya. Hehe...


Oke sekian dari Saya, maaf bila ada kesalahan.
Sign,
YHFjones

0 Comment:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) Didukung oleh NewPurwacarita

Posting Komentar

About me

Foto Saya
Yukihito
Hajimemashite, watashi wa Aya desu. Watashi no shumi wa yomukoto to ongaku o kikukoto desu. Watashi wa YAOI ga daisuki desu. Indoneshiajin desu. 横たわるは私の人生です。犯罪は、私の世界です。と地獄は私の家です。
Lihat profil lengkapku